Perkumpulan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (PPMPI) Indonesia menyelenggarakan Webinar Nasional bagi Prodi-Prodi MPI Seluruh Indonesia dengan tema ‘Program Studi MPI Siap Menyambut Tahun Ajaran di Tengah Pandemi’. Kegiatan webinar ini bagian dari 3 webinar yang sudah disiapkan oleh PPMPI untuk menyambut mahasiswa baru bagi Prodi-Prodi MPI se-Indonesia. Pada webinar ini, ada tiga narasumber, yaitu: (1) Dr. Sri Rahmi MA (Ketua PPMPI sekaligus dosen pascasarjana UIN ar-Raniry Aceh), (2) Dr. Zainal Arifin, M.S.I. (Sekretaris Umum sekaligus Kaprodi MPI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), dan (3) Dr. Feiby Ismail, M.Pd (Bendahara Umum PPMPI sekaligus Wakil Dekan III IAIN Mando). Host dalam Webinar ini adalah Abdul Muis Daeng Pawero, M.Pd. (Dosen MPI IAIN Manado).

Dr. Sri Rahmi MA dalam presentasinya menyampaikan pentingnya Prodi MPI segera menyiapkan ‘Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka’ sebagaimana telah diamanatkan oleh Kemendikbud, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. Dalam kurikulum baru tersebut terbuka peluang besar bagi mahasiswa MPI untuk mengembangkan skill dan kompetensi untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 dengan adanya kebebasan belajar sebanyak 60 SKS, yaitu 20 SKS di luar prodinya tapi masih di Perguruan Tinggi (PT) yang dan 40 SKS di luar prodi dan PTnya. Mahasiswa MPI dapat mengambil matakuliah dengan cara magang di luar prodi/PT yang nanti dapat diequivalen dengan beberapa matakuliah yang harus diambil di prodinya.

Pada masa pandemi covid-19, mahasiswa MPI tetap dapat menjalankan program PLP, kata Dr. Zainal Arifin, M.S.I. Praktik Pengenalan Lapangan Pendidikan (PLP) pada masa pandemi dapat dilakukan dengan tetap mentaati protokol kesehatan dandi instansi kementerian agama/madrasah/pesantren/sekolah dekat rumah masing-masing.Program Kerja (Proker) PLP diarahkan untuk membantu (1) penyaluran bantuan sosial, (2) pencegahan dan dampak buruk covid bagi masyarakat, (2) proses Kegiatan Belajar-Mengajar (KBM) dengan sistem Pendidikan Jarak Jauh (PJJ)/daring di lembaga-lembaga pendidikan, serta (3) kegiatan-kegiatan lain yang berkontribusi bagi lembaga pendidikan, misalnya membuatkan video profil madrasah, dan lain sebagainya.

Banyak kegiatan atau aktivitas yang dapat dilakukan oleh mahasiswaMPI walaupun sekarang masa pandemi Covid-19. Dr. Feiby Ismail, M.Pd. menyampaikan bahwa mahasiswa MPI harus tetap aktif dan kreatif dalam beraktivitas walaupun pada masa-masa pandemi Covid-19. Ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan misalnya (1)Riset Kolaboratif Dosen dan Mahasiswa, (2)Penulisan Artikel, dan (3)Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).Tema-tema penelitian yang relevan, misalnya (a) Pembelajaran di tengah pandemi, (b)Peran Lembaga Pendidikan dalam Penanganan Covid 19, dan lain sebagainya. Sedangkan kegiatan PKM yang dapat dilakukan misalnya Sosialisasi Pencegahan Covid-19 di Masyarakat. Cara yang dapat dilakukan di antaranya (a) Lakukan Pengumpulan Donasi dan Bantuan, (b) Buka kesempatan mahasiswa menjadi relawan, (c) Lakukan observasi awal lokasi tujuan, (d)Prioritaskan wilayah yang membutuhkan, dan (e) Sosialisasi melalui Media Sosial dan sosialisasi langsung.

Semoga kegiatan webinar nasional yang diinisiasi oleh PPMPI ini dapat bermanfaat bagi prodi-prodi MPI serta para mahasiswa MPI se-Indonesia. Webinar ini bagian dari upaya PPMPI untuk berkontribusi dalam memberikan wawasan tentang keprodian pada masa pandemi Covid-19, sehingga apa yang menjadi pertanyaan para Kasekprodi dan mahasiswa MPI tentang prodi MPI dapat terjawab dan semakin memperkuat niatnya untuk studi di Prodi MPI. Aamiin [ZA-red]

Materi dan Sertifikat dapat di-download DISINI!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *