Poin-poin audiensi Ketua PPMPI, Dr Sri Rahmi MA dengan Dirjen Pendis dan Direktur GTK pada tanggal 18 November 2019, yaitu:

  1. Formasi CPNS bagi alumni MPI, menurut Dirjen, tahun ini ada dua formasi CPNS buat alumni MPI, yaitu sebagai (1) analisis kebutuhan pendidik dan tenaga kependidikan, dan (2) analisis kurikulum dan pembelajaran. Dirjen sudah menyampaikan ke seluruh Kakanwil akan keberadaan prodi MPI. Dirjen menghimbau agar Rektor, Dekan, dan Kaprodi/Sekprodi MPI di Indonesia aktif mensosialisasikan ke instansi-instansi yang terkait dengan prodi MPI, missal Kanwil Kemenag, LPMP, dan lain sebagainya.
  1. Menurut Dirjen, peluang prodi MPI lebih bagus dibandingkan dengan prodi lain yang lahannya terbatas. Alumni MPI berpeluang untuk menciptakan lapangan kerja, misalnya membuka sekolah sendiri, sebagai operator sekolah swasta, dan lain sebagainya. Setiap prodi MPI bertanggungjawab terhadap pengembangan life skill mahasiswa MPI agar tidak terpaku dengan menjadi PNS.
  2. Alumni MPI yang tahun ini (2019) berpeluang menjadi CPNS dan ikut PPG sebagai guru PAI akan dibicarakan lebih lanjut antara PPMPI dengan Dirjen dan Direktur GTK pada bulan Desember 2019 (insyaAllah). Sebab, hal ini terkait profil utama dan kurikulum prodi MPI.

(Diketik ulang oleh Dr. Zainal Arifin, Sekjen PPMPI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *